• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Heading 1 Here:Enter the heading 1 description here.Go to blogger edit html,find these words and replace it with your own description ...
  • Heading 2 Here:Enter the heading 2 description here.Go to blogger edit html,find these words and replace it with your own description ...
  • Heading 3 Here:Enter the heading 3 description here.Go to blogger edit html,find these words and replace it with your own description ...
  • Heading 4 Here:Enter the heading 4 description here.Go to blogger edit html,find these words and replace it with your own description ...
  • Heading 5 Here:Enter the heading 5 description here.Go to blogger edit html,find these words and replace it with your own description ...
  • SLIDE-1-TITLE-HERE

    Welcome to Blogger.Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these text/sentences with your own descriptions.This theme is convert to Blogger by Premiumbloggertemplates.com.Download this template and more Premium Blogger Templates From PremiumBloggerTemplates.com...

  • SLIDE-2-TITLE-HERE

    Welcome to Blogger.Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these text/sentences with your own descriptions.This theme is convert to Blogger by Premiumbloggertemplates.com.Download this template and more Premium Blogger Templates From PremiumBloggerTemplates.com...

  • SLIDE-3-TITLE-HERE

    Welcome to Blogger.Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these text/sentences with your own descriptions.This theme is convert to Blogger by Premiumbloggertemplates.com.Download this template and more Premium Blogger Templates From PremiumBloggerTemplates.com...

  • SLIDE-4-TITLE-HERE

    Welcome to Blogger.Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these text/sentences with your own descriptions.This theme is convert to Blogger by Premiumbloggertemplates.com.Download this template and more Premium Blogger Templates From PremiumBloggerTemplates.com...

Jadwal Sholat

Selasa, 20 Desember 2011

Matinya Ilmu Pemasaran (Marketing is died)

Posted by Marketing is Everything On 20.00 4 comments

"CIMOL"



Siapa yang belum pernah tahu Cimol??, makanan sederhana terbuat dari tepung singkong/tapioka (aci) yang di "emol-emol". Makanan sederhana ini banyak kita jumpai di wilayah Jawa Barat, terutama di Bandung. Suatu saat makanan ini dibuat oleh seorang yang kreatif di sekitar jalan Buahbatu di Bandung. sebut saja Mang Atang. Pada saat pertama kali Mang Atang menjual Cimol, banyak sekali peminatnya, bahkan hampir semua orang penasaran ingin mencicipi seperti apa Cimol. Diawal penjualan Mang Atang dapat menghasilkan keuntungan yang lumayang cukup untuk menghidupi keluarganya. Namun keadaan ini tidak berlangsung lama, karena ada "peniru" yang membuat Cimol juga, katakan dia adalah Mr. X. dan setelah Mr X bermunculan juga Mr. Y dan Mr. Z. Apa yang terjadi dengan Mang Atang?? dari hari kehari pendapatan dia berkurang.......................sampai kapan keadaan ini akan berlangsung???........????? Mang Atang mencoba untuk belajar pemasaran dan mencari cara-cara agar dia bisa seperti dulu pendapatannya mencukupi keluarganya. Teringat dia dengan istilah 7P dalam pemasaran (Product, Price, Promotion, Place, Physical Evidence, People dan Process). Maka dia coba satu persatu alat pemasaran ini agar usaha Cimol-nya tetap exist. Dari sisi produk dia mulai membuat diferensiasi dengan membuat Cimol rasa coklat, rasa strowberry, rasa barbeque dll. Namun hal ini terulang kembalai, pada awalnya banyak pelangganya, tetapi kemudian ditiru lagi oleh para peniru-peniru nya. Dia mencoba lagi membuat diferensiasi harga...terulang kembali pada awalnya dia leading..tapi selanjutnya sama saja ditiru oleh peniru-penirunya....Dia coba lagi dengan mencoba membuat diferensiasi dalam hal promosi, ternyata sama saja ditiru lagi...dia mencoba membuat outlet baru dan memberikan pelayanan layanan antar (delivery service), tapi sama juga masih bisa ditiru oleh peniru-penirunya, demikian juga sampai pada pelayanan, personal dan proses pelayanannya dibuat berbeda, namun  tetap bisa ditiru oleh peniru-penirunya....... Nah bagi para Pemasar/Marketer bantulah Mang Atang, menciptakan diferensiasi apa lagi yang bisa dibuat dan tidak bisa ditiru???? Dari cerita diatas ilmu pemasaran apa lagi yang bisa kita andalkan agar kita tetap UNGGUL??? seperti teorinya Michael Porter "competitive advantage"

4 komentar:

Saya pikir Mang Atang bisa melakukan Strategic Positioning yang lain pak.Dengan memilih keunggulan kompetitif pak Atang bisa membuat produknya dengan lebih dari satu pembeda dari produk lain, misalnya dengan konsep "Taylor Made".Tetapi perbedaan ini juga jangan terlalu banyak sehingga tidak "costly". Selain itu Mang Atang harus fokus terhadap target konsumennya,misalnya dengan melakukan "Customer Bonding" dengan melakukan Green Marketing Concept,Relationship Bonding (memberi hadiah ke konsumen)mengadakan "community bonding" (membentuk club pencinta Cimol) sehingga terciptanya "advocacy bonding"(mouth to mouth promotion)...sehingga strateginya Michael Porter mengenai Diferensiasi,Low cost dan Fokus terhadap target konsumen dapat diaplikasikan oleh Mang Atang.(Dewi Yani Amril,MM UNJ Exe 1)

Mang Atang, kasih nama Cimolnya donk, misalnya Cimol Mang Atang yang dipatenkan, sehingga konsumen yang sudah merasakan nikmatnya Cimol Mang Atang akan terus mencari Cimol yang namanya " Cimol Mang Atang", bukan Cimol-cimol lainnya. OK, jadi jawabanya adalah BRAND. Makasih (NLK, YAI Jakarta)

siang Pak
Pendapat saya agak nyeleneh untuk Mang Atang
Mang Atang harus mempunyai impian/ aksi untuk melakukan akuisisi CIMOL saingannya agar industrinya dia sendiri berkembang. Dengan melakukan pembelian kepemilikan CIMOL yang lain maka pasar nya pun akan dikuasi, seperti yang dilakukan oleh beberapa industri Online, seperti Facebook, Grap, dll.


Setuju dengan pendapat sebelumnya, Saya pikir Cimol Mang Atang ini harus terus bergerak menghasilkan inovasi, seperti siklus yang terus menerus untuk menuju suistanable competitive advantage.

Posting Komentar