Senin, 23 Januari 2012
Rantai Pasokan (supply chain)
Memahami manajemen rantai pasokan (supply chain management), ternyata membuka dimensi pengetahuan lebih luas, bukan hanya sekedar mempelajari pemasok atau produksi atau operasi, ternyata pemasaran adalah termasuk dalam cakupan rantai pasokan ini. Disamping itu tercakup masalah keuangan. Didalam rantai pasokan juga tercakup 3 (tiga) hal yang selalu menyertai rantai pasokan yaitu produk atau jasa yang di suplai, informasi yang berkaitan dengan produk atau jasa dimaksud dan juga uang. Hal penting dalam rantai pasokan khusus dicakupan pemasaran adalah informasi permintaan (demand), hal ini sejalan dengan langkah awal dalam pemasaran yaitu mengetahui informasi dari pasar. informasi pasar dimaksud salah satunya adalah bagaimana permintaan (demand), selain siapa pelanggan, pesaing, pemasok dan distributor kita. Dari uraian singkat diatas secara filosofis bahwa belajar satu bidang ilmu ternyata harus didukung oleh pemahaman ilmu-ilmu terkait sebagai pelengkap pemahaman dan pelaksanaannya (aksiologi). Ada yang mengatakan bahwa kecerdasan seseorang dapat dilihat dari seberapa mampu seseorang mengaitkan pengetahuan-pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya dalam menanggapi permasalahan yang akan diselesaikan dalam praktek kehidupan. SELAMAT MENJADI ORANG CERDAS.....







0 komentar:
Posting Komentar