Kamis, 05 Januari 2012
MENYAMAKAN PARADIGMA
PARADIGM SHIFT
Paradigma atau cara pandang seseorang tentang suatu fenomena, hampir sama dengan persepsi, to be is or tobe, bahwa adanya sesuatu itu karena persepsi, malah kadang-kadang yang benar itu adalah persepsi bahwa kenyataan itu adalah salah. Begitu juga paradigma dalam pemasaran, banyak ahli pemasaran memiliki cara pandang yang berbeda-beda tentang pemasaran, mulai dari yang paling sederhana bahwa pemasaran adalah penjualan, pemasaran adalah bertemunya pasar dengan produk, bahwa pemasaran adalah seperangkat kegiatan yang dilakukan dalam rangka memuaskan pelanggan atau memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya, dsb, dsb. Nah ketika sebuah organisasi baik yang non profit maupun yang prioit orientation melakukan pemasaran, maka menyamakan paradigma ini adalah hal penting yang harus dilakukan, karena paradigma yang berbeda akan menghasilkan kegiatan yang berbeda, action dan value dari setiap anggota organisasi yang berbeda. Kita tidak bisa membayangkan kalau dalam satu organisasi memandang sesuatu yang berbeda padahal itu merupakan tujuan dari satu organisasi.
Mari kita samakan cara pandang kita tentang sesuatu sebelum kita bekerja bersama untuk mencapai tuuan bersama, apa tujuan dari pemasran???, adalah keuntungan, pangsa pasar yang selalau bertambah, pertumbuhan, volume penjualan, kepuasan dan loyalitas pelanggan dan kefanatikan pelanggan atas produk atau jasa kita (customer delight)







0 komentar:
Posting Komentar